GALILEO GALILEI



15 FEBRUARI 1564, DI KOTA PISA, ITALIA. LAHIRLAH SEORANG ILMUAN BESAR YANG AKAN MEMPENGARUHI ILMU-ILMU MODERN. IA TERLAHIR DARI KELUARGA YANG SEDERHANA DAN HAMPIR TIDAK BERKECUKUPAN. ANAK PERTAMA DARI ENAM BERSAUDARA. GALILEO GALILEI ADALAH NAMANYA.
SUATU MALAM DIMANA GALILEO BARU LULUS SEKOLAH MENENGAH ATAS, SEDANG BERHADAPAN DENGAN KEDUA ORANG TUANYA, VINCENZO GALILEI DAN GULIA AMMANANTI. PEMBICARAN YANG AWALNYA HANYA BASA-BASI KINI MENJADI PERDEBATAN TENTANG MASA DEPAN KELUARGA.

GALILEI:     “GALILEO, MASA DEPAN KELUARGA KITA ADA DI TANGANMU. KAU HARUS MENGUBAH TAKDIR KELUARGA KITA MENJADI KELUARGA YANG TERPANDANG”
GALILEO:    “SAYA AKAN BERUSAHA AYAH”
GALILEI:     “AYAH HARAP KAMU MASUK KEDOKTERAN!”
GALILEO:    “TAPI, AYAH. SAYA TIDAK TERTARIK DENGAN ILMU KEDOKTERAN! SAYA INGIN MASUK MATEMATIKA!”
GALILEI:     “MATEMATIKA KATAMU? MAU JADI APA KAMU? LIHAT AYAH! BERHASIL MENEMUKAN RASIO DARI KETEGANGAN STRING PADA SENAR. TAPI APA YANG AYAH DAPATKAN? HANYA PUJIAN! TIDAK ADA PENGHARGAAN UNTUK MEMBANTU BIAYA HIDUP”
GULIA:        “YAH, JANGAN MEMAKSAKAN KEHENDAK. KITA SEBAGAI ORANG TUA HARUS BERSIKAP DEMOKRATIS! BIARKAN GALILEO MENGEJAR MIMPINYA. SIAPA TAHU DIA AKAN MENJADI ILMUAN BESAR”
GALILEI:     “ILMUAN BESAR? LIHAT COPERNICUS, DIA DIHUKUM MATI KARENA MENENTANG KEPERCAYAAN! APA KAMU JUGA MAU MATI DENGAN KONYOL KARENA TEORIMU KELAK?” (SAMBIL MENUNJUK GALILEO)
GALILE0:    “KEBENARAN HANYA MILIK TUHAN. TUGAS KITA HANYA MEMBUKTIKAN! SAYA INGIN MENGEMBANGKAN ILMU-ILMU YANG SUDAH ADA!”
GALILEI:     “JANGAN MENGALIHKAN PEMBICARAAN! APA KAMU MAU MATI DENGAN KONYOL KARENA TEORIMU KELAK?” (BERTERIAK)
GULIA:        “YAH, JANGAN MENEKAN ANAKMU SEPERTI ITU! GALILEO SUDAH DEWASA, SUDAH SEPATUTNYA IA MEMNUNTUKAN PILIHANYA SENDIRI. LAGI PULA GALILEO ANAK YANG TAAT PADA AGAMA, SEMUA ORANG TAHU AKAN HAL ITU”
GALILEI:     “AKU BUKAN BICARA DENGANMU!” (MEMANDANG ISTRINYA) “GALILEO, JAWAB!” (BERTERIAK)
GALILEO:    (TERDIAM BEBERAPA SAAT) “ENTAHLAH, AYAH!”
GALILEI:     “HAHAHA! KALAU KAMU INGIN JADI ILMUAN, MAKA JANGAN PERNAH TAKUT MATI DEMI KEBENARAN! (MEMANDANG GALILEO)
GALILEO:    “SAYA AKAN BERUSAHA, AYAH!”

GALILEO PUN MASUK UNIVERSITAS PISA. NAMUN IA BERHENTI KULIAH SEBELUM MENERIMA GELAR SARJANA, KARENA KENDALA BIAYA, KELUARGA MEREKA SEMAKIN TERLILIT HUTANG. BERUNTUNGNYA, PADA TAHUN 1589 GALILEO DITAWARKAN MENGAJAR MATEMATIKA DI UNIVERSITAS PISA. WALAUPUN HONORNYA TIDAK BISA MENUTUPI KEBUTUHAN HIDUP MEREKA, NAMUN IA TETAP MENGAJAR DENGAN SENANG HATI.
SELAIN KESIBUKAN MENGAJAR, GALILEO TELAH MEMPUNYAI SEORANG KEKASIH. MEREKA JARANG BERTEMU, HANYA TIGA KALI DALAM SEMINGGU. KEKASIHNYA ADALAH WANITA BIASA YANG BERBEDA DARI WANITA LAINYA, NAMANYA MARINA GAMBA.

MARINA:    AKU HERAN DENGANMU, KENAPA AKHIR-AKHIR INI KAU SERING MURUNG? JIKA ADA MASALAH CERITAKAN PADAKU! HATI INI SUDAH KUBAGI DENGANMU, SEDIHMU JUGA SEDIHKU”
GALILEO:    “AKU TIDAK APA-APA” (MURUNG)
MARINA:    “TERUS, KENAPA KAU SELALU DIAM JIKA KITA BERTEMU? APAKAH AKU TAK SEMENARIK SAAT KITA BERJUMPA?”
GALILEO:    “TIDAK”
MARINA:    “LALU KENAPA?”
GALILEO:    “TIDAK KENAPA-KENAPA”
MARINA:    “SAYANG, AKU ADA, SANDARKANLAH SEPARUH BEBANMU PADAKU!”
(GALILEO HANYA DIAM)
MARINA:    “SAYANG, JANGAN DIAM SEPERTI ITU! COBA TATAP AKU! LIHAT MATAKU YANG SANGAT MENGKUATIRKANMU! ATAU JANGAN-JANGAN ADA ORANG LAIN DI HATIMU?”
GALILEO:    “SUNGGUH, RINA. CUMA KAULAH BIDADARI YANG BISA MASUK KE HATIKU. AKU HANYA MEMIKIRKAN MASA DEPAN KELUARGAKU”
MARINA:    “APAKAH AKU BUKAN MASA DEPANMU?”
GALILEO:    “RINA, COBALAH UNTUK MENGERTI AKU! SEKARANG KELUARGAKU DILILIT HUTANG UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP SELURUH ANGGOTA KELUARGAKU. AKU SEDANG MEMIKIRKAN CARA MENDAPATKAN HASIL LEBIH DARI PEKERJAANKU SEKARANG”
MARINA:    “MAAFKAN AKU, LEO. AKU SUDAH BERPERASANGKA BURUK PADAMU. AKU AKAN BERUSAHA MEMBANTU SEBISANYA. TAPI JANGAN SEKALI-KALI KAU SIMPAN SENDIRI DERITAMU ITU, BERBAGI PADAKU, MARI KITA PIKUL SAMA-SAMA RASA SAKIT ITU!”
GALILEO:    “TERIMAKASIH, SAYANG. AKU MENCINTAIMU”

SEDANGKAN DI TEMPAT LAIN. AYAHNYA YANG SEMAKIN HARI SEMAKIN JARANG BERADA DI RUMAH. ISTRI DAN ANAKNYA HANYA TAHU BAHWA GALILEI MENCARI SEBANYAK-BANYAKNYA UANG ATAU SEKEDAR PINJAMAN. TAK ADA YANG TAHU BAHWA IA SUDAH LAMA BERHUBUNGAN DENGAN SALAH SATU BANGSAWAN ITALIA, DELLA REVERO ZOLA.

GALILEI:     YANK, KELUARGAKU SEMAKIN HARI SEMAKIN SUSAH HIDUPNYA. AKU INGIN SEKALI MEMBAHAGIAKAN MEREKA, TAPI KAU TAHU SENDIRI PENGHASILAN SEORANG MUSISI. BELI BAJU BARU PUN TAK BISA.
ZOLA:         “AKU BISA SAJA MEMBANTUMU, YANK! TAPI SAMPAI KAPAN KITA BERHUBUNGAN SEPERTI INI? AKU INGIN MENIKAH DENGANMU! MATI BERSAMAMU!”
GALILEI:     “APA KAMU PURA-PURA LUPA KALAU KAU ITU PUTRI SEORANG BANGSAWAN. APA KATA KELUARGAMU JIKA KAU MENIKAH DENGAN RAKYAT BIASA SEPERTIKU. KITA SUDAH TIDAK MUDA SEPERTI DULU LAGI, SAMA-SAMA PUNYA KELUARGA. TAPI AKU MOHON, BANTU AKU!”
ZOLA:         “AKU TIDAK BERMAKSUD UNTUK MEMBUATMU SUSAH, HANYA SAJA AKU SANGAT MENYAYANGKAN ATURAN YANG MENGHALANG-HALANGI RASA CINTA, BANGSAWAN ATAUPUN BUKAN, KAU TETAP RAJA DI HATIKU. AKU BERSEDIA MEMBANTUMU TENTANG SEGALA HAL. MAAF JIKA AKU TAK BISA SELALU ADA UNTUKMU” (SAMBIL MENYERAHKAN SEBONGKAH EMAS)

GALILEI PUN MENERIMA DENGAN SENANG HATI PEMBERIAN EMAS ITU. IA PULANG DENGAN WAJAH YANG BERBINAR. NAMUN EMAS PEMBERIAN DELLA REVERO ZOLA ITU TIDAK TERLALU MEMBANTU KRISIS KEUANGAN MEREKA. YANG TERJADI MALAH SEMAKIN MENUMPUKNYA UTANG-UTANG. PADA TAHUN 1591, KEUANGAN MEREKA SEMAKIN MEMBURUK, DITAMBAH LAGI GALILEI MENDERITA SAKIT KERAS.

GALILEI:     “NAK, MUNGKIN AYAH TIDAK LAMA LAGI DI DUNIA INI. SEJAK DULU AYAH INGIN KAU MASUK KEDOKTERAN. SEKARANG TERBUKTI APA YANG AYAH TAKUTKAN. KAU BEKERJA DI TEMPAT YANG TERPANDANG, TAPI GAJIMU SAMA SEPERTI PARA BURUH. NAMUN, KAU MEMBUKTIKAN SEMANGATMU AKAN ILMU PENGETAHUAN. AYAH YAKIN KAU AKAN MENJADI ILMUAN BESAR”
GALILEO:    “YAH, JANGAN BICARA SEPERTI ITU! KEMATIAN HANYA TUHAN YANG TAHU”
GULIA:        “IYA, YAH! SEMOGA AYAH LEKAS SEMBUH DAN BISA BERJUANG BERSAMA LAGI. INGATLAH MASA-MASA INDAH KITA, YAH!”
GALILEI:     “AYAH SUDAH MEREKOMENDASIKAN KAMU MENGAJAR DI UNIVERSITAS PADUA. DISANA KAU AKAN LEBIH DIHORMATI, DENGAN SEMUA PENEMUAN-PENEMUANMU ITU!”
GULIA:        “NAK, TURUTILAH KATA AYAHMU INI! WALAUPUN BIASANYA IA DI DEPANMU TAMPAK MEMBENCIMU, PERCAYALAH, IA SELALU ADA DI BELAKANGMU UNTUK MENDUKUNGMU!”
GALILEO:    “TERIMAKASIH, AYAH, IBU! AKU TIDAK AKAN MENGECEWAKAN KALIAN BERDUA!

HARI TERUS SILIH BERGANTI, PENYAKIT AYAH GALILEO SEMAKIN HARI SEMAKIN TAK BISA MEMBAIK. SEMUA YANG HIDUP PASTI MENGALAMI MATI, AYAHNYA GALILEO PUN MENINGGAL DENGAN TENANG. MAKA SECARA OTOMATIS, TULANG PUNGGUNG KELUARGAPUN DITANGGUNG GALILEO. IA PUN BEKERJA DI UNIVERSITAS PADUA SEBAGAI PENGAJAR GEOMETRI, MEKANIKA, DAN ASTRONOMI. GALILEO DALAM ILMU ASTRONOMI MENGANUT PAHAM HELEOSENTRIS. PADAHAL PADA SAAT ITU, HELEOSENTRIS DIANGGAP PAHAM YANG MENYESATKAN.

GALILEO:    “SELAMAT PAGI! SELAMAT DATANG DI PELAJARAN ASTRONOMI!”
MURID2:    “SELAMAT PAGI!”
GALILEO:    “HARI INI KITA AKAN MEMBUKA FAKTA YANG DI TUTUP-TUPI SAMPAI BERABAD-ABAD, TEORI HELEOSENTRIS! ARISTOTELES MEMANG SEORANG ILMUAN YANG YANG JENIUS, SAMA SEPERTI PTOLOMEUS. NAMUN MEREKA JUGA HANYALAH MANUSIA BIASA, PASTI MEMPUNYAI KEKELIRUAN DALAM TEORI MEREKA. CONTOH ILMUAN YANG TERKEMUKA ADALAH PLATO, IA MENGATAKAN BAHWA BUMI ITU DATAR, NAMUN PHYTAGORAS MENGKONFIRMASI BAHWA BUMI ITU BULAT, LALU COLOMBUS MEMBUKTIKAN SENDIRI DENGAN CARA BERLAYAR KE PENJURU DUNIA, DAN AKHIRNYA SAMPAI SEKARANG KITA PERCAYA BAHWA BUMI ITU BULAT. TAPI MENGAPA COPERNICUS MENGKONFIRMASI BAHWA PUSAT TATA SURYA ITU MATAHARI, MALAH DI ANGGAP MEMBERHENTIKAN MATAHARI DAN MENGGERAKKAN BUMI. YANG LEBIH KEJI LAGI, IA DIHUKUM MATI ATAS TEORINYA”
MURID:      “APAKAH BAPAK TIDAK TAKUT MENGALAMI HAL YANG SAMA DENGAN COPERNICUS? GEOSENTRIS MASIH MENGUASAI PEMIKIRAN ILMUAN-ILMUAN ABAD SEKARANG. DAN BAGAIMANA CARA KAMI MEMPERCAYAI TEORI YANG SEDANG DITENTANG INI?”
GALILEO:    “SAYA TELAH MELAKUKAN PENGAMATAN PADA PLANET YUPITER. DAN SAYA MENEMUKAN EMPAT SATELIT YANG MENGELILINGINYA, IO, EUROPA, CALISTRO, DAN GANYMADE. DENGAN TEMUAN ITU, KITA MENGATAHUI BAHWA BUKAN BUMI SAJA YANG MEMPUNYAI SATELIT. SETELAH ITU SAYA MENGAMATI VENUS DENGAN SEKSAMA, HASILNYA, ADA WAKTU VENUS TERLIHAT SEPERTI FASE BULAN BARU. DARI SINILAH SAYA SEMAKIN YAKIN BAHWA COPERNICUS ADA DI PIHAK YANG BENAR!”

SEMAKIN HARI, GALILEO SEMAKIN SERING TERANG-TERANGAN MENGAJARKAN PAHAM HELEOSENTRIS. BERITA ITU PUN SAMPAI DI TELINGA PIHAK GEREJA. KARENA PADA SAAT ITU GALILEO ADALAH ILMUAN YANG TERKEMUKA, MAKA PIHAK GEREJA MEMBERIKAN PERINGATAN SECARA SOPAN SANTUN KEPADA GALILEO, AGAR IA MENGHENTIKAN MENGAJARKAN AJARAN HELEONTRIS. NAMUN GALILEO TIDAK TERLALU MENGGUBRIS PERIHAL TERSEBUT. PIHAK GEREJA PUN SEMAKIN BERANG, MAKA DIPANGGILAH GALILEO UNTUK MEMPERTANGGUNG JAWABKAN KELANCANGANYA.

PAUS:          “ANDA ADALAH ILMUAN YANG TERPANDANG. SAYA YAKIN ANDA MENGETAHUI KESALAHAN YANG TELAH ANDA PERBUAT”
GALILEO:    “SAYA MERASA TIDAK MELAKUKAN KESALAHAN APA-APA. APAKAH HASIL KEMBANGAN TELESKOP SAYA KURANG SEMPURNA ATAU CARA MENGAJAR SAYA KURANG BAIK?”
PAUS:          “HAMPIR SELURUH DUNIA TAHU BAHWA ANDA TELAH BERHASIL MENCIPTAKAN TELESKOP. TAPI, TEORI TATA SURYA ANDA BERTENTANGAN DENGAN KITAB YOSUA YANG MENGATAKAN MATAHARI DAN BULAN MENGELILINGI BUMI”
GALILEO:    “SAYA HANYA MENGATAKAN HASIL PENGAMATAN SAYA”
PAUS:          “ANDA MEMANG SEORANG ILMUAN DAN DULUNYA SEORANG YANG TAAT. TAPI MENGAPA ANDA SEKARANG BERUBAH? APAKAH ANDA LUPA DENGAN TRAGEDI COPERNICUS?”
GALILEO:    “HELEOSENTRIS ADALAH KEBENARAN YANG DITENTANG! SAYA YAKIN HELEOSENTRIS AKAN MENJADI ILMU MUTLAK. SAYA SIAP MENERIMA GANJARAN APA SAJA DEMI MEMBELA KEBENARAN. SAYA AKAN DITULIS SEBAGAI SALAH SATU PENYELAMAT DUNIA ILMU PENGETAHUAN”
PAUS:          “ANDA SUDAH TIDAK BISA DITOLERANSI LAGI! ANDA TELAH DIRASUKI KUTUKAN COPERNICUS! DENGAN MENYESAL KAMI MENGHAPUS TITEL ILMUAN DARI NAMA ANDA, DAN DENGAN TERPAKSA, ANDA KAMI BERI HUKUMAN PENJARA SEUMUR HIDUP!”

GALILEO PUN MENGHABISKAN SISA UMURNYA DI PENJARA TANPA SEMPAT MENIKAHI MARINA GAMBA. WALAUPUN RAGANYA TELAH TIADA, NAMUN ILMU-ILMUNYA TERUS HIDUP DAN MENGALIR DARI PEMIKIR YANG SATU KE PEMIKIR YANG LAIN, SAMPAI AKHIRNYA HELEOSENTRIS MENJADI ILMU YANG MUTLAK. TEORI-TEORINYA SANGAT BERPENGARUH PADA ILMU ASTRONOMI, SEHINGGA IA DIJULUKI, BAPAK ASTRONOMI MODERN. SAMPAI SEKARANG PUN TEORINYA DIBACA OLEH BERJUTA-JUTA PELAJAR DI SELURUH PENJURU DUNIA. KISAH-KISAHNYA PUN TERUS DIKENANG SEBAGAI ILMUAN YANG MEMBELA KEBENARAN. HARI INI PUN KITA TELAH MENGENANG KEMBALI KISAHNYA LEWAT PEMENTASAN DRAMA, MAKA MARI KITA BERDOA AGAR IA DAPAT MERASAKAN KEBAHAGIAN ATAS JASA-JASANYA YANG MASIH DIGUNAKAN SAMPAI ABAD KE DEUA PULUH INI. BERDOA, DIMULAI!



Mujib NS Jawahir, lahir di Gunungsari pada tanggal 29 Desember 1995. Anak pertama dari Nuris dan Saidah.

Tidak ada komentar: